Senin, 23 Januari 2012

CARA BERPIKIR POSITIF

Kita semakin menyadari sekarang jika berpikir positif dan berhenti mengkhawatirkan segala sesuatu adalah sesuatu yang penting kita lakukan dalam meraih suatu kerberhasilan, baik untuk menjadi pemimpin atau saat kita memimpin. Oleh karena itu, latihlah diri Anda untuk terus berpikir positif.
Berikut ini ada beberapa tips untuk mengembangkan cara berpikir positif.

1. Selalu gunakan kata-kata yang positif saat Anda berpikir dan berbicara. Gunakan kata-kata seperti "Tuhan pasti memampukanku", "Dengan pertolongan Tuhan, aku pasti bisa melakukannya", dll..

 2. Biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kebahagiaan, kekuatan, dan keberhasilan. Apa pun situasi yang Anda hadapi, carilah dan isilah pikiran Anda dengan sisi positif dari situasi tersebut. Dalam segala sesuatu, sisi positif dan negatif selalu ada. Seburuk apa pun situasi yang Anda alami, pasti ada sisi positif yang terkandung dalam situasi itu. Mungkin sulit untuk melihat sisi positif dari apa yang Anda alami, tapi cobalah lihat lebih dalam, sisi positif itu pasti ada.

 3. Cobalah untuk menghilangkan dan mengabaikan pikiran yang negatif. Gantikan pikiran yang negatif dengan pikiran-pikiran yang membangun. Ganti pikiran: "saya tidak bisa melakukan hal ini" dengan "saya bisa melakukan hal ini dengan lebih baik setiap saat saya memohon penyertaan Tuhan dan mencoba melakukannya".

 4. Sebelum melakukan sesuatu, jangan bayangkan sebuah kegagalan, tapi bayangkanlah keberhasilan yang Anda akan dapat setelah melakukan sesuatu hal tersebut. Jika Anda membayangkannya dengan sungguh-sungguh dan penuh iman, Anda akan terheran-heran dengan apa yang terjadi nantinya.

 5. Cobalah untuk tidak memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sering kali kita terjebak untuk terlalu banyak berpikir dan menghabiskan banyak waktu untuk menimbang-nimbang atau memikirkan apa yang orang lain mungkin pikirkan tentang diri kita. Hal itu akan membuat Anda tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Anda.

 6. Penuhi pikiran Anda dengan talenta-talenta anugerah Tuhan yang Anda miliki. Jangan biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kelemahan-kelemahan yang mungkin Anda miliki. Dengan memikirkan setiap talenta yang Anda miliki, nantinya Anda akan semakin mengenali kemampuan Anda yang membedakan Anda dari orang lain. Jadikan cara berpikir yang demikian itu sebagai topi Anda. Jangan pakai "topi pikiran negatif".

 7. Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir positif. Pikiran yang positif itu seperti penyakit menular. Jika Anda berada di dekat orang-orang yang pikirannya dipenuhi kebahagiaan dan keoptimisan, Anda akan secara otomatis dipengaruhi oleh cara berpikir mereka yang positif.

8. Bacalah buku-buku yang membangkitkan inspirasi -- setidaknya satu halaman setiap harinya. Buku-buku inspiratif seperti itu akan membantu Anda untuk dapat berpikir
positif.

 9. Biasakan untuk selalu duduk dan berjalan dengan punggung tegak. Kebiasaan seperti itu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan yang ada dalam diri Anda.

10. Berjalan, berenang, atau berolahragalah. Hal-hal tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan pikiran dan sikap yang lebih positif.Putuskan untuk berpikir positif mulai sekarang dan tinggalkan pikiran-pikiran yang negatif. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berpikir positif dan Anda akan segera mengalami hal-hal yang lebih baik daripada sebelumnya.

Selasa, 10 Januari 2012

KEKUATAN BATIN BAWAH SADAR


Selama ini kita hanya tahu tentang kekuatan fisik yang ada di lama diri kita, tidak semua orang tahu tentang suatu kekuatan yang sebenarnya ada dalam diri manusia tetapi tidak dapat dilihat. Kekuatan yang ada di dalam diri manusia sebenarnya ada dua jenis, yaitu ;
  1. Kekuatan Fisik, yaitu kekuatan atau tenaga nyata yang ada di dalam diri manusia dan untuk memperolehnya memerlukan asupan makanan yang cukup, apabila tidak dapat asupan makanan yang cukup maka manusia akan menjadi lemas atau tidak ada tenaga. 
  2. Kekuatan Bathin, yaitu kekuatan atau tenaga abstrak yang ada di dalam diri manusia atau disebut dengan Kekuatan Bathin Bawah Sadar, dan untuk memperolehnya diperlukan sebuah keyakinan penuh, karena tidak semua manusia dapat mengenalnya. 
Sebagai gambaran umum tentang hal tersebut diatas, mungkin kita perlu mengenal sebuah kekuatan atau tenaga abstrak yang tidak pernah disadari oleh sebagian manusia di muka bumi, yaitu “Kekuatan Bathin Bawah Sadar”. (Bottom of The Inner Strength). Kekuatan bathin bawah sadar, adalah suatu kekuatan yang ada dalam diri manusia yang dapat dimanfaatkan untuk keberhasilan hidup dan mampu merubah kehidupan yang semula selalu mengalami kegagalan menjadi sebuah kehidupan yang selalu berhasil. 

Kekuatan ini merupakan sebuah gudang kekayaan yang tidak akan pernah habis. Kekuatan ini merupakan kekuatan non fisik, abstrak, tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan dan dapat dibuktikan. Kekuatan ini merupakan kekuatan gaib untuk merealisasikan gagasan atau keinginan setiap manusia menjadi kenyataan. Kekuatan ini sangat dahsyat dan tidak dapat diukur oleh alat apapun karena kekuatan ini berasal dari Tuhan Sang Pencipta bumi dan segala isinya. Kekuatan ini tidak boleh diragukan daya kerjanya karena digerakkan oleh sebuah kekutan yang serba Maha dari Tuhan Sang Pencipta. Kekuatan ini bekerja tanpa berhenti selama 24 jam dan tidak pernah menolak apa pun perintah yang dikirim oleh kesadaran.
Perlu anda ketahui bahwa kekuatan ini merupakan sebuah gudang jawaban terhadap segala masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia, dan merupakan sebuah rahasia besar orangorang sukses di jaman dulu, serta dapat menyimpan data-data kehidupan harian manusia sepanjang masa, baik disadari maupun tidak disadari. 

Apa penggerak dari Kekuatan Bathin Bawah Sadar ini?.... 

Kekuatan Bathin Bawah Sadar digerakkan oleh Kesadaran, yaitu suatu keadaan dimana manusia dapat mengendalikan fungsi-fungsi panca indra, otak dan pikiran serta hati atau rasa. Karena panca indra, otak, pikiran dan rasa memiliki kemampuan untuk melakukan suatu tindakan, sedangkan yang memerintah untuk bertindak dan percaya dan yakin atas semua itu adalah kesadaran. Setelah kita mengetahui tentang adanya Kekuatan Bathin Bawah Sadar, apa yang akan kita lakukan? agar kekuatan tersebut dapat bekerja dengan sempurna di dalam diri kita dan mewujudkan cita-cita atau keinginan yang selama ini belum pernah diperoleh.

Bagaimana supaya Kekuatan Bathin Bawah Sadar dapat bekerja di dalam diri anda? 
  1. Gambarkan sesuatu dengan jelas tentang sesuatu gagasan atau cita-cita yang anda inginkan dan lakukan itu dengan penuh kesdaran. 
  2. Ikatlah gagasan atau cita-cita yang anda gambarkan tadi dengan dengan penuh keyakinan (100%), bahwa keinginan anda akan terwujud. 
  3. Tetap dengan keyakinan penuh (100%) akan keberhasilan gagasan atau cita-cita tersebut, jagan sekali-kali berubah pikiran. 
Apabila anda dapat melakukan ketiga hal tersebut diatas, maka Kekuatan Bathin Bawah Sadar akan merekam secara otomatis tanpa diperintah dan akan mewujudkan gagasan atau cita-cita anda menjadi kenyataan. Dalam menghadapi tantangan atau permasalahan apapun, jangan sekali-kali anda mengatakan; ”Saya tidak bisa !” atau ”Saya tidak mampu !” atau kata-kata kotor lainnya. Karena hal tersebut akan melumpuhkan daya kerja Kekuatan Bathin Bawah Sadar yang anda miliki dan akan berakibat kepada sebuah kegagalan. Katakan dengan hati yang tulus dan iklas bahwa; ”Saya bisa !”, atau ”Saya mampu !”, maka dampaknya Kekuatan Bathin Bawah Sadar akan berlipat ganda, dan keberhasilan akan mudah
didapat tanpa harus susah payah mencarinya. Kekuatan Bathin Bawah Sadar perlu waktu untuk Mewujudkan gagasan atau cita-cita karena kekuatan tersebut dikendalikan oleh Tuhan Sang Pencipta. pegang teguh keyakinan dengan penuh kesabaran dan ketabahan. 

Perlu anda ketahui bahwa Kekutan Bathin Bawah Sadar bekerja menurut perintah dari kesadaran pikiran. Pikiran baik akan disulap menjadi kenyataan yang baik pula, sebaliknya jika pikiran jelek akan disulap menjadi kenyataan jelek pula. Dan sesuatu yang harus selalu di ingat oleh kita semua adalah keraguan, karena keraguan adalah senjata yang paling ampuh milik setan untuk menggoda dan menghancurkan manusia di muka bumi. Kekutan Bathin Bawah Sadar adalah sesuatu yang harus diyakini oleh setiap manusia, karena memanfaatkan kekuatan tersebut berarti mensyukuri nikmat Tuhan. Kekuatan Bathin Bawah Sadar berada pada setiap diri manusia, jika mereka menyadarinya. 

Kehidupan manusia di dunia ini berjalan sangat serasi, karena sudah diatur oleh hukum alam; hukum sebab akibat, hukum timbal balik, hukum kekekalan energi, hukum aksi reaksi. Maka apabila anda berpikir serius berarti anda sedang beraksi dan Kekuatan Bathin Bawah Sadar akan bereaksi untuk mewujudkannya. Jadilah sebuah mutiara diantara tumpukan pasir. Jadilah seorang bijak yang selalu menjaga niatnya, ucapannya dan perbuatannya. Seorang bijak selalu menjaga bathinnya, pikirannya dan perasaannya. Maka berpikirlah tentang semua yang benar, yang mulia, yang manis, yang adil, yang suci dan sebagainya sehingga kita dapat hidup di samudra kebahagiaan. Ingat !. Hidup ini akan terasa indah apabila kita dapat membuang rasa dendam dan benci. 

Hukum hidup adalah kepercayaan, merupakan buah pikiran yang diyakini oleh alam dan lingkungan sekitar. Kehidupan sekarang adalah pikiran dulu dan kehidupan yang akan datang adalah perwujudan dari pikiran sekarang.
(Tom Prayitno)

Minggu, 08 Januari 2012

ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN

  1. ESENSIALISME
Esensialisme adalah pendidikan yang di dasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Esensialisme muncul pada zaman Renaissance dengan ciri-ciri utama yang berbeda dengan progresivisme. Perbedaannya yang utama ialah dalam memberikan dasar berpijak pada pendidikan yang penuh fleksibilitas, di mana serta terbuka untuk perubahan, toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktrin tertentu. Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang jelas.
Idealisme dan realisme adalah aliran filsafat yang membentuk corak esensialisme. Dua aliran ini bertemu sebagai pendukung esensialisme, akan tetapi tidak lebur menjadi satu dan tidak melepaskan sifatnya yang utama pada dirinya masing-masing.
Dengan demikian Renaissance adalah pangkal sejarah timbulnya konsep-konsep pikir yang disebut esensialisme, karena itu timbul pada zaman itu, esensialisme adalah konsep meletakkan sebagian ciri alam pikir modern. Esensialisme pertama-tama muncul dan merupakan reaksi terhadap simbolisme mutlak dan dogmatis abad pertengahan. Maka, disusunlah konsep yang sistematis dan menyeluruh mengenai manusia dan alam semesta, yang memenuhi tuntutan zaman


Pandangan Esensialisme dan Penerapannya di Bidang Pendidikan :
1. Pandangan Essensialisme Mengenai Belajar
Idealisme, sebagai filsafat hidup, memulai tinjauannya mengenai pribadi individu dengan menitik beratkan pada aku. Menurut idealisme, bila seorang itu belajar pada taraf permulaan adalah memahami akunya sendiri, terus bergerak keluar untuk memahami dunia obyektif. Dari mikrokosmos menuju ke makrokosmos.
2.Pandangan Essensialisme Mengenai Kurikulum
Beberapa tokoh idealisme memandang bahwa kurikulum itu hendaklah berpangkal pada landasan idiil dan organisasi yang kuat
  1. PROGRESIVISME
Progresivisme adalah suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang. Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. 
Progravisme mempunyai konsep yang didasari oleh pengetahuan dan kepercayaan bahwa manusia itu mempunyai kemampuan-kemampuan yang wajar dan dapat menghadapi dan mengatasi maslah-masalah yang bersifat menekan atau mengancam adanya manusia itu sendiri (Barnadib, 1994:28). Oleh karena kemajuan atau progres ini menjadi suatu statemen progrevisme, maka beberapa ilmu pengetahuan yang mampu menumbuhkan kemajuan dipandang merupakan bagian utama dari kebudayaan yang meliputi ilmu-ilmu hayat, antropologi, psikologi dan ilmu alam.
Progresivisme berpendapat tidak ada teori realita yang umum. Pengalaman menurut progresivisme bersifat dinamis dan temporal; menyala. tidak pernah sampai pada yang paling ekstrem, serta pluralistis. Menurut progresivisme, nilai berkembang terus karena adanya pengalaman-pengalaman baru antara individu dengan nilai yang telah disimpan dalam kehudayaan. Belajar berfungsi untuk :mempertinggi taraf kehidupan sosial yang sangat kompleks. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang eksperimental, yaitu kurikulum yang setiap waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Progresvisme merupakan pendidikan yang berpusat pada siswa dan memberi penekanan lebih besar pada kreativitas, aktivitas, belajar "naturalistik", hasil belajar "dunia nyata" dan juga pengalaman teman sebaya.

Pandangan Progesivisme dan Penerapannya di Bidang Pendidikan :
Anak didik diberikan kebebasan baik secara fisik maupun cara berpikir, guna mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya, tanpa terhambat oleh rintangan yang dibuat oleh orang lain, Oleh karena itu filsafat progressivisme tidak menyetujui pendidikan yang otoriter. Sebab, pendidikan otoriter akan mematikan tunas-tunas para pelajar untuk hidup sebagai pribadi-pribadi yang gembira menghadapi pelajaran. Dan sekaligus mematikan daya kreasi baik secara fisik maupun psikis anak didik. Filsafat progresivisme menghendaki jenis kurikulum yang bersifat luwes (fleksibel) dan terbuka. Jadi kurikulum itu bisa diubah dan dibentuk sesuai dengan zamannya.Sifat kurikulumnya adalah kurikulum yang dapat direvisi dan jenisnya yang memadai, yaitu yang bersifat eksperimental atau tipe Core Curriculum. Kurikulum dipusatkan pada pengalaman atau kurikulum eksperimental didasarkan atas manusia dalam hidupnya selalu berinteraksi didalam lingkungan yang komplek.
Progresivisme tidak menghendaki adanya mata pelajaran yang diberikan terpisah, melainkan harus terintegrasi dalam unit. Dengan demikian core curriculum mengandung ciri-ciri integrated curriculum, metode yang diutamakan yaitu problem solving.
Dengan adanya mata pelajaran yang terintegrasi dalam unit, diharapkan anak dapat berkembang secara fisik maupun psikis dan dapat menjangkau aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.

3. PERENIALISM
Perenialisme merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme berasal dari kata perennial yang berarti abadi, kekal atau selalu. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Perenialisme menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. Jalan yang ditempuh oleh kaum perenialis adalah dengan jalan mundur ke belakang, dengan menggunakan kembali nilai nilai atau prinsip prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kuat, kukuh pada zaman kuno dan abad pertengahan.

Pandangan perenialisme tentang pendidikan :
Kaum perenialis berpandangan bahwa dalam dunia yang tidak menentu dan penuh kekacauan serta mambahayakan tidak ada satu pun yang lebih bermanfaat daripada kepastian tujuan pendidikan, serta kestabilan dalam perilaku pendidik. Mohammad Noor Syam (1984) mengemukakan pandangan perenialis, bahwa pendidikan harus lebih banyak mengarahkan pusat perhatiannya pada kebudayaan ideal yang telah teruji dan tangguh. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan ideal.
Beberapa pandangan tokoh perenialisme terhadap pendidikan:
1.       Program pendidikan yang ideal harus didasarkan atas paham adanya nafsu, kemauan, dan akal (Plato)
2.       Perkemhangan budi merupakan titik pusat perhatian pendidikan dengan filsafat sebagai alat untuk mencapainya ( Aristoteles)
3.       Pendidikan adalah menuntun kemampuan-kemampuan yang masih tidur agar menjadi aktif atau nyata. (Thomas Aquinas)
  1. REKONSTRUKSIONISME
Kata rekonstruksionisme dalam bahasa Inggeris rekonstruct yang berarti menyusun kembali. Dalam konteks filsafat pendidikan, aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern. Aliran rekonstruksionisme, pada prinsipnya, sepaham dengan aliran perenialisme, yaitu hendak menyatakan krisis kebudayaan modern. Kedua aliran tersebut, aliran rekonstruksionisme dan perenialisme, memandang bahwa keadaan sekarang merupakan zaman yang mempunyai kebudayaan yang terganggu oleh kehancuran, kebingungan dan kesimpangsiuran
proses dan lembaga pendidikan dalam pandangan rekonstruksionisme perlu merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang baru, untuk mencapai tujuan utama tersebut memerlukan kerjasama antar ummat manusia.

Pandangan Rekonstruksionisme dan Penerapannya di Bidang Pendidikan :
Aliran rekonstruksionisme berkeyakinan bahwa tugas penyelamatan dunia merupakan tugas semua umat manusia atau bangsa. Karenanya pembinaan kembali daya inetelektual dan spiritual yang sehat akan membina kembali manusia melalui pendidikan yang tepat atas nilai dan norma yang benar pula demi generasi sekarang dan generasi yang akan datang, sehingga terbentuk dunia baru dalam pengawasan umat manusia.
Kemudian aliran ini memiliki persepsi bahwa masa depan suatu bangsa merupakan suatu dunia yang diatur, diperintah oleh rakyat secara demokratis dan bukan dunia yang dikuasai oleh golongan tertentu. Sila-sila demokrasi yang sungguh bukan hanya leori tetapi mesti menjadi kenyataan, sehingga dapat diwujudkan suatu dunia dengan potensi-potensi teknologi, mampu meningkatkan kualitas kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran serta keamanan masyarakat tanpa membedakan warna kulit, keturunan, nasionalisme, agama (kepercayaan) dan masyarakat bersangkutan.

SEKILAS TENTANG OTAK MANUSIA



            Otak bentuknya kecil,volumenya sekitar 1,5 liter,banyak ungkapan menakjubkan tentang kedahsyatannya.”Raksasa yang sedang tidur “,seperangkat mesin terkompleks di Jagad raya “,super computer biologis,”dan masih banyak lagi.
            Otak mempunyai I trilyun neuron (sel saraf) .Setiap 1 neuron dapat menghasilkan 20.000 cabang (dendrite). Setiap dendrite mampu menempatkan sejumlah informasi dan fakta.Bila dihitung secara matematis ,jumlahnya tak terbatas ,bahkan lebih banyak dari jumlah atom dialam semesta ini. Namun selama ini baru 1-4 % saja dari potensi otak yang dipakai oleh manusia. Kapasitas otak akan optimal jika penggunaan otak kanan dan kiri seimbang.
            Otak terbagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri ,kini dua belahan ini lebih dikenal sebagai “otak kanan” dan “otak kiri”.Eksperimen terhadap dua belahan tersebut menunjukkanbahwa tiap-tiap belahan bertanggung jawab terhadap cara berpikir ,dan masing-masing mempunyai sepesialisasi dalam kemampuan –kemampuan tertentu,walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antara kedua sisi.
            Proses berpikir otak kiri bersifat logis ,sekuensial,linear,dan rasional. Sisi ini sangat teratur ,walaupun berdasarkan relaitas, ia mampu melakukan penafsiran abstrak atau simbolis. Cara berpikirnya sesuai untuk tugas-tugas teratur ekspresi verbal,menulis ,membaca, asosiasi auditorial, menempatkan detail dan fakta ,fonetik serta simbolis.
Menurut Roger Sperry kerja otak sebelah kiri adalah : Logika , tulisan,angka,hitungan,urutan, analisa , STM (Short Term Memory).
            Cara berpikir otak kanan bersifat acak , tidak teratur , intuitif ,dan holistic. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat non verbal ,seperti perasaandan emosi,kesadaran yang berkenaan dengan perasaan ( merasakan kehadiran suatu benda atau orang ),kesadaran special , pengenalan bentuk dan pola,musik seni, kepekaan warna, kreativitas dan visualisasi , emosi , kreatifitas , LTM (Long Term Memory).
            Kedua belahan otak penting artinya. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini juga cenderung ”seimbang ” dalam setiap aspek kehidupan mereka .Belajar sangat mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang sedang dihadapi. Karena sebagian besar komunitas diungkapkan dalam bentuk verbal atau tertulis ,yang keduanya merupakan sepecialis otak kiri. Sesungguhnya jika seseorang  termasuk katagori otak kiri dan tidak melakukan upaya tertentu memasukkan beberapa aktivitas otak kanan maka ketidakseimbangan yang dihasilkannya dapat mengakibatkan stres dan juga kesehatan mental dan fisik buruk.
            Untuk menyeimbangkan kecenderungan masyarakat terhadap otak kiri,perlu dimasukkan musik dan estetika dalam pengalaman belajar dan memberikan umpan balikpositif. Semua itu menimbulkan emosi positif ,yang membuat otak lebih efektif.
Emosi yang positif mendorong kearah kekuatan otak , yang mengarah kepada keberhasilan ,kehormatan diri yang lebih tinggi.

Materi Kuliah ISBD 03



PANDANGAN HIDUP, TANGGUUNG
JAWAB DAN HARAPAN MANUSIA

1. PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup merupakan suatu clasar atau lanclasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan indiviclu, masyarakat, atau negara. Semua perbuatan tingkah laku clan aturan serta undang harus merupakan pancaran dari pandangan hidup yang telah dirumuskan.
Pandangan hidup wring disebut filsafat hidup. Filsafat berarti cinta akan kebenaran, sedangkan kebenaran dapat dicapai oleh siapa saja. Hal inilah yang mengakibatkan pandangan hidup itu perlu dimiliki oleh semua orang dan semua golongan.
Setiap orang, baik dari tingkatan yang paling rendah sampai dengan tingkatan yang paling tinggi, mempunyai cita-cita hidup. Hanya kadar cita-citanya sajalah yang berbecla. Bagi orang yang kurang kuat imannya ataupun kurang lugs wawasannya, apabila gagal mencapai cita-cita, tindakannya biasanya mengarah pada hal-hal yang bersifat negatif
Di sinilah peranan pandangan hidup seseorang. Pandangan hidup yang teguh merupakan pelinclung seseorang. Dengan memegang teguh pandangan hidup yang diyakini, seseorang tidak akan bertindak sesuka hatinya. la tidak akan gegabah bila menghadapi masalah, hambatan, tantangan clan gangguan, serta kesulitan yang dihadapinya.
Biasanya orang akan selalu ingat, tact, kepada Sang Pencipta bila sedang dirundung kesusahan. Namun, bila sedang dalam keadaan senang, bahagia, serta kecukupan, mereka lupa akan pandangan hidup yang diikutinya, berkurang rasa pengabdiannya kepada Sang Pencipta. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1.      kurangnya penghayatan pandangan hidup yang diyakini;
2.      kurangnya keyakinan pandangan hidupnya;
3.      kurang memahami nilai clan tuntutan yang terkandung dalam pandangan hidupnya;
4.      kurang mampu mengatasi keadaan sehingga lupa pada tuntutan hidup yang ads dalam pandangan hidupnya;
5.      atau sengaja melupakannya demi kebutuhan diri sendiri. (Habib Mustopo, 1986)
Cita-cita tidak sama dengan pandangan hidup. Sekalipun demikian, cita-cita eras sekali kaitannya dengan pandangan hidup. Pandangan hidup merupakan bagian dari hidup manusia yang dapat mencerminkan citra individu maupun masyarakat. Selain itu juga mencerminkan cita­cita atau aspirasi seseorang clan sekelompok orang atau masyarakat.
Pandangan hidup merupakan sesuatu yang sulit dikatakan, sebab, kadang-kadang pandangan hidup hanya merupakan suatu idealisms belakayang mengikuti kebiasaan berpikir di dalam masyarakat. Manuel Kaisiepo (1982) clan Abdurrahman Wahid (1985) berpendapat bahwa pandangan hidup 1tu bersifat elastis. Maksudnya bergantung pada sivasi clan kondis I serta tidak selamanya bersifat positif.
Pandangan hidup yang sudah diterima oleh sekelompok orang, digunakan sebagai pendukung suatu organisasi disebut ideologi. Pandangan hidup dapat menjadi pegangan, bimbingan, tuntutan seseorang ataupun masyarakat dalam menempuh jalan hidupnya menuju tujuan akhir.

2. TANGGUNGJAWAB

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan  kesadaran akan kewajibannya.
Seorang mahasiswa, berkewajiban untuk belajar. Bila ber­arti  ia telah memenuh  kewajibannya dan ia telah bertanggungj awab atas  kewaj ibannya.

Macam Tanggung Jawah
Menurut sifat dasamya, manusia adalah makhluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi, manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, angan-angan untuk berbuat atau bertindak. Dalam hal ini, manusia tidak lupus dari kesalahan, kekeliruan, baik yang disengaja maupun tidak. Namur, ia harus bertanggung jawab atas diri pribadi.
Contoh:
Radi membaca sambil berjalan. Meskipun sebentar-sebentar ia melihat jalan, , ia terperosok ke sebuah lubang, dan kakinya terkilir. la menyesali kejadian itu karma harus beristirahat di rumah beberapa hari. Hal itu jelas merupakan tanggung-jawabnya sendiri akan kelengahannya.
A Tanggung jawab kepada keluarga
Masyarakat terkecil ialah keluarga, yang terdiri atas ayah-ibu dan anak. Tiap anggota keluarga wajib bertanggungjawab kepada keluarganya. yang menyangkut nama baik keluarganya. Tanggung jawab ini mencakup kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
Contoh:
1.         Penyelewengan Dr. Tono (Sukartono) kepada. Yah, berarti ia tidak bertanggungjawab akan kewajibannya sebagai suami. Sebahbya, Tim, istri Tono yang kurang menghargai suami merupakan Contoh istri yang tidak bertanggungjawab. (Belenggu, A. Pane).
2.      Perbuatan guru Ica mengambil barang-barang milik sekolahan untuk dijual merupakan pertanggungjawabannya sebagai kepala rumah tangga, meskipun tanggung jawab itu sebenarnya merupakan perbuatan yang melanggar norma hukum, norma susila, dan norms moral. (Jalan Tak Ada Ujung, Mochtar Lubis).
b. Tanggung jawab kepada masyarakat
Manusia adalah makhluk social. Manusia merupakan anggota, masyarakat. Karena itu, dalam berpikir, berprilaku, berbicara, dan sebagainya, manusia terikat oleh masyarakat. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung­jawabkan kepada masyarakat.
Contoh:
Teti telah bertekad untuk berjuang dalam meningkatkan derajat kaumnya dalam Petri Sedar. Ia bertekad bahwa apa pun yang terjadi atas dirinya adalah tanggungjawab. Tidak, tidak, saya tiada boleh mendurhaka asas, tujuan, dan pendirian saya sendiri, male saya melihat saya sendiri. Apa boleh beat jalan yang sulit ini sudah saya pilih dari semula dan saya tiada boleh menyimpang lagi, ke manapun saya dibawanya. (Layar Terkembang)
c.       Tanggung jawab kepada bangsainegara
Setiap manusia, setiap individual merupakan warga suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah lake, ia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Ia tidak boleh bertindak semaunya sendiri. Bila perbuatannya salah, ia harus bertanggungjawab kepada negara.
 Contoh:
Dalam novel, karya Mochtar Lubis, Guru Isa yang terkenal dengan guru yang balk, terpaksa mencurl barang milik sekolah demi mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Perbuatannya mil harus pula dipertanggungjawabkan kepada pemerintah. Kalau perbuatan­nya diketahu4i ia harus berurusan dengan plhak kepolislan dan pengadilan.
d.         Tanggung jawab kepada Tuhan
Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan, manusia dapat mengembalikan diri sendiri dengan sarana yang ada pada dirinya sendiri, yaitu pikiran, perasaan, seluruh anggota tubuhnya, dan alam sekitarriya.
Bila manusia tidak beker a keras untuk kelangsungan hidupnya, segala akibatnya harus dipikul sendiri. Penderitaan akibat kelalatan adalah tanggung jawabnya. Meskipun manusia menutupi per­buatannya yang salah dengan segala misalnya dengan hartanya, kekuasaannya atau kekuatannya (ancaman), ia tak dapat lepas dari tanggung jawabnya kepada Tuhan.')
3. HARAPAN MANUSIA
Harapan berasal dari kata harap, artinya keinginan terjadinya sesuatu. Yang mempunyai harapan atau keinginan itu hati. Putus harapan putus pula hat] manusia
Contoh:
1.       Budi. seorang mahasisa Universitas Terbuka, selalu rajin, selalu dengan harapan agar ia mendapayt nilai A  di dalam ujian semester.
2.       Mang Udin adalah scorang petani yang rajin. la mempunyai harapan agar basil panennya lebih balk selain cukup untLik dimakan, itiga, dapat memperbaiki mmahnya. la vakin blia harapantiva menjadi kenyataan. Karena itu ia menggarap sawahriva, dengan sebalk mungkin, pupuk yang cukup sesuai dengan anjuran panca usaha, tani.

Dari kedua Contoh itu terilhat, apa yang diharapkan Budi dan Mang Udin ialah terjadinya buah keinginan, karena itu mereka bekerja keras. Budi belajar tanpa mengenal waktu, sedangkan Mang Udin juga bekerja tak mengenal lelah. Semua itu dengan suatu keyakinan bahwa akan terwujud apa yang diharapkan. Namur, harapan An belum tentu terwujud. Budi belum pasti dapat nilai A.. dan Mang Udin pun belum pasti dengan harapannya.. Tuhanlah yang menentukan. Manusia sekadar berusaha.
Harapan artinya keinginan yang belum terwujud. Setiap orang mempunyai harapan. Tanga harapan manusia tidak ada artinya. Manusia yang tak mempunyai harapan berarti tak dapat diharapkan lagi. Menurut kodratnya dalam diri manusia ada dorongan, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Dorongan kodrat itu ialah menangis, tertawa, berpikir, berkata, dan sebagainya. Adapun dorongan kebutuhan hidup adalah dorongan untuk mencapal
Kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani ialah pangan, sandang, dan pagan, sedangkan kebutuhan rohani nicliputl kebahaglaan, kesejahteraan, kepuasan, hiburan, clan sebagainva.
Dalam mencukupi kebutuhan itu, balk kebutuhan kodrat maupun kebutuhan hidup manusia tak dapat mencapal sendiri, melainkan harus dengan bantuan orang lain.
Abraham Maslow mengategorikan kebutuhan manusia menjadi lima macam, yang merupakan lima harapan manusia, yaitu:
1.     Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (sulvival).
2.     Harapar untuk memperoleh keamanan (safety).
3.     Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (beloving and love).
4.     Harapan memperoleh status atau untuk diterima atau dick,:: lingkungan.
Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita

Bahan Kuliah ISBD 02

MANUSIA DAN CINTA KASIH,
PENDERITAAN DAN KEADILAN

1.  MANUSIA DAN CINTA KASIH

a.  Arti Cinta Kasih
-         Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung-jawab.
-         Cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan, belas kasihan dan pengabdian.
-         Cinta kasih yang disertai dengan tanggung-jawab menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kedamaian antara sesama manusia, antara manusia dengan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan.

Apabila dirumuskan secara sederhana, Cinta Kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung-jawab (akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan).

b.  Macam Cinta Kasih
Adanya beberapa macam cinta kasih, yaitu sebagai berikut.
1)  Cinta kasih antar orang tua dan anak.
Orang tua yang memper­hatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna di kemudian hari.

2)  Cinta kasih antara pria dan wanita.
Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntai mawar merah, berarti is menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.

3)  Cinta kasih antara sesama manusia.
Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit clan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.

4)  Cinta kasih antara manusia dan Tuhan.
Apabila seorang tact beribadah, menurut perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada Tuhan penciptanya.
5)  Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya.
Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya,menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena­mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

c.  Ungkapan  Cinta Kasih
Cinta kasih merupakan ungkapan perasaan yang diwujudkan dengan tingkah laku, seperti :

1)  Ungkapan dengan kata-kata atau pernyataan, misalnya ungkapan. Aku cinta padamu.

2)  Ungkapan dengan tulisan, misalnya surat cinta, surat Ibu kepada putrinya. Ungkapan dengan gerak, misalnya salaman, pelukan, ciuman clan rangkulan.

3)  Ungkapan dengan media, misalnya setangkai bungs, benda suvenir dan benda kado.

4)  Ungkapan­ dalam bentuk karya budaya, misalnya seni suara, seni sastra, seni drama, film, dan seni lukis.

“Orang yang mempunyai perasaan cinta kasih, hidupnya penuh gairah, banyak inisiatif, dan penuh kreatif”

Bagi seniman perilaku cinta kasih dituangkan dalam bentuk karya budaya sehingga dapat dinikmati pula oleh masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat memetik nilai-nilai kemanusiaan yang terungkap melalui karya budaya itu.

2.  MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung.
Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenang­kan.

Beberapa contoh bentuk penderitaan :
a.  Al-Quran maupun kitab suci agama lain banyak menguraikan penderitaan mariusia, sebagai peringatan bagi manusia.

b.  Hampir semua karya besar dalam bidang seni dan filsafat lahir dari imajinasi penderitaan. Epos Ramayana, Maha Bharata dan La Galigo merupakan salah satu contoh cerita yang penuh penderitaan.

c.   Karya Shakespeare pun banyak mengungkapkan penderitaan batin yang dialami para pelakunya. Dalam drama Romeo and Juliet, Shakespeare ingin mengomunikasikan penderitaan batin dua remaja yang sedang dilanda cinta. Kedua orang tuanya saling bermusuhan, sehingga tak mungkin bagi mereka untuk melangsungkan cintanya sampai jenjang perkawinan.

d.  Betapa  terharu dan pilu hati pembaca, atau penonton (film) menyaksikan ketragisan kedua remaja itu yang berakhir dengan kematian. Di sini kita dihadapkan pada pihak-pihak Yang dicekam oleh harga diri yang palsu atau lebih tepat kesombongan orang tua. Karena sifat dan sikap yang congkak itu, anak mereka sangat dicintai menjadi korban.

e.  Dalam riwayat Nabi-Nabi Allah sebagian besar hidupnya mengalami penderitaan yang luar biasa demi menegakkan kebenaran ditengah-tengah umatnya.

f.    Dalam riwayat hidup Budha Gautama, yang dipahatkan dalam bentuk relief pada dinding candi Borobudur kita juga melihat adanya penderitaan. Meskipun berupa relief, hati kita pilu dan haru pada saat melihatnya.

g.  Kalau kita baca buku riwayat hidup orang-orang besar, semuanya dimulai dengan penderitaan. Misalnya Sukarno, Hatta dan Hamka dan sebagainya mengalami penderitaan yang hebat pada masa perjuangannya.

Pada waktu kita membaca kitab suci dan riwayat hidup para tokoh tersebut di atas, kita dihadapkan pada jiwa besar, harga diri, berani karena benar, rasa tanggung-jawab, semangat membaca, dan sebagainya.
Semua itu menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Di sana tidak kita temui jiwa munafik, plin-plan, cengeng, dengki, iri hati dan sebagainya.

a.  Siksaan
Apabila berbicara tentang siksaan, terbayang di benak kita sesuatu yang sangat mengerikan, bahkan mendirikan bulu kuduk kita.

Siksaan manusia juga menimbulkan kreativitas bagi orang yang pernah mengalami siksaan atau orang lain yang berjiwa seni yang menyaksikan langsung atau tak langsung. Hal itu terbukti dengan banvaknva tulisan, balk berupa berita, cerpen, ataupun novel yang mengisahkan siksaan.

Dengan membaca hasil seni yang berupa siksaan, kita akan dapat mengambil hikmahnya. Karena kita dapat menilai arti manusia, harga diri, kejujuran, kesabaran, dan ketakwaan, tetapi juga hati yang telah dikuasai nafsu setan, kesadisan, tidak mengenal penkemanusiaan, dan sebagainya.

b.  Rasa Sakit
Rasa sakit adalah rasa yang penderita akibat menderita suatu penyakit. Rasa sakit ini dapat menimpa setiap manusia. Kaya-miskin, besar-kecil, tua-muda, berpangkat atau rendahan tak dapat menghindarkan diri darinya. Orang bodoh atau pintar, bahkan dokter sekalipun.

Penderitaan, rasa sakit, dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dan lainnya tak dapat dipisahkan merupakan rentetan sebab akibatnya. Karena siksaan, orang merasa sakit; dan karena merasa sakit, orang menderita. Atau sebaliknya, karena penyakitnya tak sembuh-sembuh, ia merasa tersiksa hidupnya, dan mengalami dan penderitaan.

c.  Neraka
Dalam Al-Quran banyak ayat yang berisi tentang siksaan di neraka atau ancaman siksaan. Surat-Surat itu antara lain Surat Al-Fath avat 6 yang artinya:
Dan supaya dia menyik-sa orang-orang yang munafik lak-i-laki dan perempuan, orang-orang yang musyrik laki-laki dan perempuan yang mempunyai persangkaan jahat terhadap Allah. Mereka mendapat giliran buruk. Allah memurkai mereka; dan menyediakan neraka jahanam baginya. Dan neraka Jahanam itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.(Q.S. Al-Fath : 6)

3.  MANUSIA DAN KEADILAN
a.  Keadilan
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan pada pokoknya terletak pada keseimbangan atau keharmonisan antara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajiban.

Sebagai contoh, seorang karyawan yang hanya menuntut hak kenaikan upah tanpa meningkatkan hasil kerjanya cenderung disebut pemeras. Sebaliknya, seorang majikan yang terus-menerus memeras tenaga orang lain, tanpa memperhatikan kenaikan upah dan kesejahteraannya cenderung memperbudak pegawainya.
Sila kelima Pancasila berbunyi: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Anda hafal kalimat itu, tetapi mengenai arti adil dan keadilan, sudahkah terealisasi ?.
b.  Kejujuran
-         Jujur atau kejujuran berarti sesuai dengan hati nurani.
-         Jujur berarti bersih hati dari perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum.
-         Jujur berarti pula menepati janji, baik yang telah terlahir dalam kata-kata maupun dalam niat, dengan cara menepati niatnya.
Sikap jujur mewujudkan keadilan, sedangkan keadilan menuntut kemuliaan abadi, jujur memberikan keberanian dan ketentraman hati, serta menyucikan, menciptakan budi pekerti yang luhur.
Pada hakikatnya, kejujuran dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi, kesadaran pengakuan akan adanya persamaan hak dan kewajiban, serta rasa takut terhadap kesalahan atau dosa.

c.  Kecurangan
Curang atau kecurangan artinya tidak sesuai dengan hati nurani. Namun, bisa saja, seseorang telah berbuat curang agar memperoleh keuntungan tanpa harus berusaha keras. keuntungan di sini adalah keuntungan yang berupa materi.

Apabila hati manusia telah digerogoti jiwa tamak, iri, dengki ia akan melakukan perbuatan yang melanggar perbuatan norma tersebut, dan terjadilah kecurangan.

Pujowiyatno dalam bukunya filsafat Sana-sini menjelaskan bahwa perbuatan yang sejenis dengan perbuatan curang, misalnya berbohong, menipu, merampas, dan lain-lain yang tergolong perbuatan buruk.

d.  Pemulihan Nama Baik
Penjagaan nama baik nama baik adalah tingkah laku atau perbuatannya. Yang dimaksud dengan tingkah laku atau perbuatan itu, antara lain cara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin pribadi, cara menghadapi orang, perbuatan-perbuatan yang dihalalkan agama dan sebagainya.

Tingkah laku dalam mempertahankan nama baik pada hakikatnya sesuai dengan kodrat manusia, yaitu:
1.    Manusia menurut sifat dasarnya adalah makhluk moral.
2.    Adanya aturan-aturan yang berdiri sendiri yang harus dipatuhi manusia untuk mewujudkan dirinya sendiri sebagai pelaku moral tersebut.