Senin, 02 Mei 2011

INDONESIA RAYA



Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2006 dengan populasi sebesar 222 juta jiwa, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Keragaman agama, suku, dan ras dan bahasa daerah disatukan oleh semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara.

Politik dan pemerintahan Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik dengan Ibukota negara ialah Jakarta dan lagu kebangsaan adalah Indonesia Raya ciptaan WR.Soepratman. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih umum pada lingkungan akademik di luar Belanda, dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya untuk ekspresi politik. Adolf Bastian dari Universitas Berlin memasyarakatkan nama ini melalui buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels, 1884–1894. Dan pada tahun 1928 resmilah kata Indonesia digunakan untuk identitas nasional dalam kongres pemuda yang dikenal Sumpah Pemuda.

Pembagian administrasi negara Indonesia saat ini terdiri dari 33 provinsi, lima di antaranya memiliki status yang berbeda. Provinsi dibagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota yang dibagi lagi menjadi kecamatan dan lagi menjadi kelurahan, desa, gampong, kampung, nagari, pekon, atau istilah lain yang diakomodasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Tiap provinsi memiliki DPRD Provinsi dan gubernur; sementara kabupaten memiliki DPRD Kabupaten dan bupati; kemudian kota memiliki DPRD Kota dan walikota; semuanya dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu dan Pilkada.

Visi Indonesia : Terwujudnya Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan. Dan Misi Indonesia :

  1. Melanjutkan Pembangunan Menuju Indonesia yang Sejahtera. 
  2. Memperkuat Pilar-pilar Demokrasi. 
  3. Memperkuat Dimensi Keadilan di Semua Bidang. 
Visi dan misi pemerintah 2009-2014 dirumuskan dan dijabarkan lebih operasional ke dalam sejumlah program aksi prioritas sehingga lebih mudah diimplementasikan dan diukur tingkat keberhasilannya. Sebelas Program aksi di bawah ini dipandang mampu menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara di masa mendatang.

Prioritas program pembanguanan adalah :

1. Program Aksi Bidang Pendidikan
2. Program Aksi Bidang Kesehatan
3. Program Aksi Penanggulangan Kemiskinan
4. Program Aksi Penciptaan Lapangan Kerja
5. Program Aksi Pembangunan Infrastruktur Dasar
6. Program Aksi Ketahanan Pangan
7. Program Aksi Ketahanan dan Kemandirian Energi
8. Program Aksi Perbaikan dan Pelaksanaan Tata Kelola Pemerintahan
9. Program Aksi Penegakan Pilar Demokrasi
10. Program Aksi Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi
11. Program Aksi Pembangunan yang inklusif dan Berkeadilan
12. Program Aksi di Bidang Lingkungan Hidup
13. Program Aksi Pengembangan Budaya
      (www.indonesia.go.id)