Selasa, 27 September 2011

Materi Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 05


POLITIK STRATEGI NASIONAL

A.    PENGERTIAN

POLITIK
Polis dari bahasa Yunani = city state === negara (rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat)
Politik adalah :

  1. Suatu keadaan yang dikehendaki, disertai cara dan alat yang digunakan  untuk                   mencapainya.
  2. Berbagai kegiatan dalam suatu negara yang berkaitan dengan proses menentukan tujuan dan upaya-upaya dalam mewujudkan tujuan tersebut dengan menentukan kebijaksanaan (policy) yang menyangkut pengaturan, pembagian dan alokasi dari sumber yang ada.
  3. Kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai tujuan dan cita-cita Bangsa
      STRATEGI adalah :

  1. Pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk kepentingan memenangkan  perang.
  2. Cara untuk mendapatkan kemenangan atau cara untuk mencapai suatu tujuan yang                         telah ditetapkan.
  3. Suatu kerangka rencana dan tindakan yang disusun dan disiapkan dalam suatu rangkaian keseluruhan proses yang terjadi dalam suatu arah yang telah digariskan.
POLITIK NASIONAL DAN STRATEGI NASIONAL  (Politik Strategi Nasional )
-          Politik Nasional = asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan tindakan dari negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, pengendalian dan penggunaan potensi nasional untuk mencapai tujuan nasional
-          Strategi Nasional = cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.
= pelaksanaan dari kebijaksanaan nasional

B.     PENYUSUNAN POLITIK STRATEGI NASIONAL
Penyusunan Politik Strategi Nasional dilaksanakan oleh pemerintah berdasarkan UUD 1945 sebagai penyelenggara negara 
Suprastruktur Politik meliputi : Lembaga-lembaga Negara (MPR, Presiden, DPR, DPA, MA dan BPK) === Politik Nasional ditingkat Suprastruktur Politik digariskan oleh Presiden sebagai mandataris MPR, sedangkan Strategi Nasional dilaksanakan oleh para menteri dan jajarannya berdasarkan arahan presiden. 
Infrastruktur Politik meliputi badan yang ada di masyarakat (Parpol, Ormas, Media Massa) === Politik Strategi Nasional ditingkat Infrastruktur Politik merupakan sasaran yang dicapai dalam berbagai bidang (Hukum, politik, ekonomi, sosial-budaya dan Hankam) yang dikontrol oleh masyarakat.