• Ilmu Antropologi termasuk ilmu-ilmu sosial yang lain mempunyai
sejarah tersendiri.
• Antropologi disebut ilmu yang baru atau muda karena
perkembangan antropologi relatif baru. Disebut ilmu tua karena sejarahnya terutama bagian antropologi yang disebut
dengan Etnografi telah dikerjakan orang dari berbagai bangsa di dunia sudah lebih dari 500 tahun yang lalu.
Kedua alasan :
• Antropologi dikatakan ilmu yang relatif muda karena sebagai ilmu
pengetahuan baru berkembangan abad ke XX.
• Namun Antropologi telah ada sejak lama (terutama obyeknya, yaitu manusia), dengan
menitik beratkan studinya pada kelompokkelompok manusia dan tergolong dalam ilmu sosial, maka sesungguhnya
antropologi telah ada sejak manusia itu ada.
Herodatus disebut sebagai bapak etnografi ;
• Karena menulis bangsa Mesir, yang dianggap tulisan etnografi yang
terkuno. Tulisannya masih bersifat subyektif dan mengandung perasangka yang
kurang baik terhadap bangsa lain.
• Bangsa di luar Yunani adalah bangsa “barbar” yang
berarti orang yang berbicara “gagap” dan dikatakan sebagai bangsa
yang setengah liar.
Herodatus selanjutnya mengatakan bahwa orang Mesir, orang Libia
dan Persia dianggap belum beradab.
Etnografi oleh Dinasti Han
• Penulisan etnografi juga dilakukan oleh bangsa Tionghoa dan
bangsa India.
• Walaupun tidak secara metodik dan sistemmatis kedua bangsa
tersebut telah menulis tentang keadaan mereka sendiri ataupun menulis tentang
bangsa di luar mereka.
Di Cina
• Ada cacatan etnografi bangsa Tiongkok yang ditulis pada jaman
Dinasti Han mengenai bangsa Han Nu yang bergerak(nomaden) di Tiongkok Sebelah
Barat
Ibnu Batutah yang dilahirkan di Tanger
• Ia lahir 1304 dan meninggal tahun 1377 berkebangsaan Arab
melakukan pengembaraan di daerah Asia tengah.
• Ia menulis tentang bangsa-bangsa Konstantinopel yang di duduki
bangsa Turki, sehingga bangsa-bangsa Eropa tidak bisa berdagang lagi dengan Dunia Timur melalui jalan
tradisional, yaitu melalui Euphrat, Trigis dan Teluk Persia.
• Kemudian orang-orang Eropa mencari jalan baru baik melalui kutup
utara ataupun melalui Afrika Selatan dengan maksud sampai di Asia Tengah.
• Rombongan- rombongan itu biasanya diikuti oleh paderi-paderi dan
dari mereka bahan-bahan etnografi dari berbagai bangsa dan suku bangsa dapat
diperoleh.
Marcopolo bukunya “ kitab tentang kerajaan & keajaiban di dunia Timu”
• Ia menguraikan pengalamannya selama 20 tahun mengembara di Asia.
Ia juga pernah tinggal cukup lama di istana Khu Bilai Khan dan menemukan keanehan-keanehan,
misalnya dipergunakan uang yang dibuat dari kertas dan diberi cap serta tanda
tangan.
• Kertas-kertas tersebut mempunyai bermacam- macam nilai.
Menurutnya di negeri tersebut telah lebih maju bila dibandingkan dengan Eropa saat itu, karena di sana telah ada
pengiriman surat yang lebih teratur dan ada jalan besar, tempat peristirahatan,
dan ada tempat untuk menukar uang dan kuda.
Marcopolo juga pernah singgah di Indonesisa
• Di pelabuhan Perlec dalam bahasa Aceh.Ia menceritakan
kota Aceh saat itu dikunjungi pedagang dari India dan penduduknya memeluk agama
Islam, sedang penduduk di pedalaman banyak mengerjakan hal-hal yang haram.
Marcoplo Pulang ke Eropa
• Sekembalinya mengembara ia dan keluarganya tiba di Genoa. Nasib
malang baginya karena ia dimasukkan penjara ketika Genoa perang melawan
Venesia.
Di penjara itu ia menceritakan pengalamannya dan menulisannya yang diterbitkan
tahun 1447, isinya sangat menakjubkan dan menunjuk kepada keajaiban objek dunia
Timur.
Pada zaman pertengahan
• Pada zaman ini tulisan etnografi yang bersifat subyektif &
penilaian terhadap sesuatu dipengaruhi oleh pikiran dan kepercayaan pada masa
itu. Jiwa abad pertengahan adalah kitab Injil atau lector devina,
kepada siapa seleruh pengetahuan mengabdi ?
Gereja abad pertengahan
• Gereja sangat berpengaruh untuk mengatur masyarakat dengan ajaran
dogma-dogmanya, dengan mengemukakan bahwa aturan-aturan sosial tidak
dapat salah.
Thomas Aquinas
• Pada zaman pertengahan mengemukakan teori-teori yang bersifat spekulatif,
karena keterangan-keterangan tersebut berbeda dengan apa yang ada di ajaran-ajaran kitab suci,
maka mulai saat itu justru penulisan etnografi dapa tumbuh dan berkembang
dengan baik.
Yosep Prancis Lafitau (1600-1740).
• Etnografi berkembang bersama dia, ia adalah seorang paderi dari
bangsa Perancis tulisannya berjudul “Moeurs des souvages Americains
compares aux mours des pramiers temps” 1724.
• Ia melihat bangsa-bangsa primitif dan tidak dilihatnya sebagai
bangsa yang aneh. Karena ia sebagai anggota misionaris agama dan ia berusaha untuk menasranikan bangsa Indian.
Jens Kref
• Etnografi semakin berkembang berkat tulian dia dengan judul “sejarah
pendek tentang lembaga-lembaga yang terpenting, adat dan pandanganpandangan orang liar’ .
• Kref sependapat dengan Rousseau tentang manusia
alam yang murni.
• Ia menulis sejarah umat manusia dengan memperhatikan
bangsa-bangsa kuno, ia meneliti bangsa Indian mengenai pertumbuhan,
perkembangan, kehidupan ekonomi, masyarakat, agama dan kesenian
Adolf Bastian
• Tulisannya lebih ilmiah dan lebih sistimatis dan senang etnologi.
Pandangannya mengenai umat manusia adalah manusia dan kebudayaannya dipengaruhi
oleh milliue geografis yang menyebabkan sifat-sifat khusus dari
kebudayaan yang beranekaragam. Tiap-tiap kebudayaan akan berkembang dan tumbuh
sesuai dengan dasarnya dan lingkungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar