Minggu, 08 Januari 2012

SEKILAS TENTANG OTAK MANUSIA



            Otak bentuknya kecil,volumenya sekitar 1,5 liter,banyak ungkapan menakjubkan tentang kedahsyatannya.”Raksasa yang sedang tidur “,seperangkat mesin terkompleks di Jagad raya “,super computer biologis,”dan masih banyak lagi.
            Otak mempunyai I trilyun neuron (sel saraf) .Setiap 1 neuron dapat menghasilkan 20.000 cabang (dendrite). Setiap dendrite mampu menempatkan sejumlah informasi dan fakta.Bila dihitung secara matematis ,jumlahnya tak terbatas ,bahkan lebih banyak dari jumlah atom dialam semesta ini. Namun selama ini baru 1-4 % saja dari potensi otak yang dipakai oleh manusia. Kapasitas otak akan optimal jika penggunaan otak kanan dan kiri seimbang.
            Otak terbagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri ,kini dua belahan ini lebih dikenal sebagai “otak kanan” dan “otak kiri”.Eksperimen terhadap dua belahan tersebut menunjukkanbahwa tiap-tiap belahan bertanggung jawab terhadap cara berpikir ,dan masing-masing mempunyai sepesialisasi dalam kemampuan –kemampuan tertentu,walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antara kedua sisi.
            Proses berpikir otak kiri bersifat logis ,sekuensial,linear,dan rasional. Sisi ini sangat teratur ,walaupun berdasarkan relaitas, ia mampu melakukan penafsiran abstrak atau simbolis. Cara berpikirnya sesuai untuk tugas-tugas teratur ekspresi verbal,menulis ,membaca, asosiasi auditorial, menempatkan detail dan fakta ,fonetik serta simbolis.
Menurut Roger Sperry kerja otak sebelah kiri adalah : Logika , tulisan,angka,hitungan,urutan, analisa , STM (Short Term Memory).
            Cara berpikir otak kanan bersifat acak , tidak teratur , intuitif ,dan holistic. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat non verbal ,seperti perasaandan emosi,kesadaran yang berkenaan dengan perasaan ( merasakan kehadiran suatu benda atau orang ),kesadaran special , pengenalan bentuk dan pola,musik seni, kepekaan warna, kreativitas dan visualisasi , emosi , kreatifitas , LTM (Long Term Memory).
            Kedua belahan otak penting artinya. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini juga cenderung ”seimbang ” dalam setiap aspek kehidupan mereka .Belajar sangat mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang sedang dihadapi. Karena sebagian besar komunitas diungkapkan dalam bentuk verbal atau tertulis ,yang keduanya merupakan sepecialis otak kiri. Sesungguhnya jika seseorang  termasuk katagori otak kiri dan tidak melakukan upaya tertentu memasukkan beberapa aktivitas otak kanan maka ketidakseimbangan yang dihasilkannya dapat mengakibatkan stres dan juga kesehatan mental dan fisik buruk.
            Untuk menyeimbangkan kecenderungan masyarakat terhadap otak kiri,perlu dimasukkan musik dan estetika dalam pengalaman belajar dan memberikan umpan balikpositif. Semua itu menimbulkan emosi positif ,yang membuat otak lebih efektif.
Emosi yang positif mendorong kearah kekuatan otak , yang mengarah kepada keberhasilan ,kehormatan diri yang lebih tinggi.